Belajar SEO dan Algoritma Youtube paling Dasar

Belajar SEO dan Algoritma Youtube

Tidak hanya di Google saja, ternyata di Youtube juga dibutuhkan effort untuk mencapai peringkat awal pada hasil pencarian. Jika Anda menerapkan langkah optimasi dengan benar maka dipastikan akan memenangkan persaingan tersebut. Oleh karena itu, Didik Arwinsyah membuka kursus belajar SEO dan algoritma Youtube.

SEO Youtube

Menurut Didik Arwinsyah, Youtube juga menjadi salah satu platform yang digunakan sebagai media berbisnis terutama ketika promosi. Traffic tinggi dari video akan memudahkan pelaku bisnis dalam meningkatkan jumlah penjualan dan meraup keuntungan.

SEO Youtube merupakan upaya optimasi dari video yang telah diunggah. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan jumlah viewers agar lebih mudah menarik perhatian dari penggunanya. Dengan menggunakan keyword tertentu maka unggahan dapat muncul di peringkat teratas.

Youtube juga bisa disebut sebagai salah satu search engine layaknya Google. Konsep SEOnya juga hampir sama seperti website, membutuhkan keyword, tag atau lainnya. Jika dapat menerapkan langkah optimisasi maka video akan lebih mudah ditemukan di berbagai platform.

Algoritma Youtube

Algoritma Youtube adalah perhitungan dalam mendistribusikan berbagai video. Fungsi kerjanya yaitu membantu pengguna untuk memproses kata kunci yang dimasukkan ke kolom pencarian. Fitur penyaranan mengambil andil paling banyak pada sistem ini. Menu ini dapat dibedakan menjadi:

  1. Recommended

Banyak content creator seperti Didik Arwinsyah di Youtube yang menggunakan fitur ini untuk melakukan optimasi SEO. Meskipun beberapa diantaranya mengaku membutuhkan kerja ekstra dalam menguasai menu Recommended.

Fitur ini dipilih berdasarkan beberapa indikator seperti spesifikasi kata kunci, durasi, rasio thumbs dan seri episode yang berkaitan. Biasanya beberapa channel Youtube seringkali melakukan eksploitasi algoritma dengan membuat playlist di dalam kanalnya.

  1. Youtube Mixes

Meskipun biasanya dianggap kurang penting, namun para Didik Arwinsyah juga bisa memfokuskan terhadap fitur Youtube Mixes. Menu ini berfungsi dapat membantu para content creator dalam jangka waktu lebih lama.

Youtube Mixes adalah playlist dari Al Youtube yang didalamnya terdapat banyak riwayat video sudah ditonton oleh pengguna dengan beberapa diantaranya belum pernah dilihat sebelumnya. Kegiatan menonton kembali seperti ini bisa meningkatkan jumlah viewers secara substansial.

  1. Channel viewers also watch

Salah satu fitur penyaranan ini sering membuat kecewa para Youtuber karena mengarahkan para penonton ke channel competitor mereka. Sederhananya, pengguna Youtube bisa saja pindah untuk melihat video lain yang memiliki topik sama dengan adanya fungsi tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena Al Youtube telah mengkategorikan beberapa channel sesuai topik dan konten yang bersangkutan. Jika platform ini memproses sebuah kata kunci dari pengguna maka akan disarankan juga video lain dengan genre hampir sama.

  1. Recently Uploaded

Fungsi tersebut adalah gabungan dari fitur tab subscription dengan recommended. Penyaranan ini akan menampilkan berbagai video berdasarkan tontonan sebelumnya dari channel yang di-subscribe. Uniknya ialah rekomendasi hanya berasal dari unggahan tidak lebih dari seminggu.

Keunikan tersebut digunakan oleh Didik Arwinsyah yaitu, bahwa kebanyakan jumlah viewers didapat dari minggu pertama pengunggahan. Hal ini membuat fitur recently uploaded sangatlah penting dalam meningkatkan penonton bahkan subscriber.

  1. Trending

Salah satu menu penyaranan lainnya ialah trending. Fitur ini merupakan yang paling tua ada di Youtube hingga saat ini. Awalnya fungsi tab tersebut sangat berguna dalam meningkatkan jumlah penonton sebab dipilih berdasarkan banyaknya viewers pada suatu video.

Namun kini pada tahun 2020, skenario Youtube berubah. Fungsi dari fitur trending hampir tidak relevan lagi. Didik Arwinsyah mengaku bahwa membutuhkan waktu lama dan usaha ekstra agar video dapat ditampilkan di tab ini.

Itulah beberapa cara belajar SEO dan algoritma Youtube secara sederhana. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut bisa mengunjungi http://didikseo.com/. Didik Arwinsyah sebagai konsultan SEO dapat menjadi salah satu acuan dalam mempelajari teknik optimasi ini.

Bagaimana SEO Youtube itu sesungguhnya, saksikan video berikut ini ya :