Belajar SEO di Google Analytics dengan Mudah

belajar seo di google analytics

Search Engine Optimization adalah alat yang sedang populer dalam bisnis online tepatnya marketing digital. Apabila diterapkan dengan maksimal maka akan memberikan dampak positif untuk kelancaran bisnis. Oleh dari itu, Anda perlu menguasai dengan belajar SEO di Google Analytics langsung dari Didik Arwinsyah.

Mengenal Google Analytics

Google Analytics merupakan sebuah alat yang wajib dimiliki oleh para blogger atau penulis website. Dengan menggunakan tools ini, memungkinkan para penggunanya bisa secara mudah melihat dan memantau trafik dari web.

Tidak hanya trafik saja, Google Analytics juga akan menampilkan berbagai data yang menunjukkan performa dari web Anda. Mulai dari sumber trafik, konten populer, data pengunjung dan informasi lainnya.

Keseluruhan data ini bisa menjadi bahan untuk mengevaluasi kualitas web terkait, tidak terkecuali milik Didik Arwinsyah. Misalnya topik yang seharusnya diedit ulang atau perlu dioptimasi. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan performa dari sebuah situs agar berkembang lebih baik lagi.

Belajar SEO di Google Analytics

Panduan Menggunakan Google Analytics

Setelah memahami sedikit fungsi dari Google Analytics, kini saatnya Anda bisa menggunakan alat ini sebagai alat optimasi SEO. Beberapa fitur berikut sudah cukup untuk meningkatkan performa dari web atau blog dengan sederhana. Berikut ulasannya:

  1. Realtime

Jika Anda masuk ke menu Realtime kemudian Overview, maka Google Analytics akan menampilkan metrik realtime dari web. Saat pengguna mengakses website, aplikasi maupun device lainnya, maka data yang direkam bisa langsung dibuka.

Pada halaman Overview, pengguna bisa menemukan beberapa data seperti jumlah pengunjung, pageview per menit dan detik, top keywords, top locations, top active pages, top reverral serta top social traffic. Jika masih binggung, keseluruhan informasi ini akan ditampilkan secara sederhana oleh Didik Arwinsyah.

  1. Demografi Audiens

Melalui menu Audience Demographics, Anda bisa mengetahui beberapa data terkait pengunjung website. Informasi yang ditunjukkan mulai dari jumlah pengguna, tayangan halaman, berapa kali halaman dibuka dalam satu sesi dan masih banyak lagi.

Selain itu demografi berdasarkan bahasa, kota bahkan negara juga ditampilkan pada menu ini. Google Analytics memungkinkan pengguna bisa mengakses informasi dari sistem operasi yang digunakan oleh ponsel setiap pengunjung web.

  1. Perilaku Pengunjung

Menariknya lagi Anda bisa melihat perilaku dan respons dari setiap pengunjung terhadap halaman website. Pengguna Google Analytics dapat mengakses informasi ini lewat menu Audience kemudian Behaviour. Data ini sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan oleh mereka.

Terdapat lima data yang ditampilkan mulai dari pengunjung baru vs lama, kualitas sesi, engagement, frekuensi dan keterkinian serta kemungkinan konversi. Fitur di dalam Google Analytics ini sangat bermanfaat bagi Anda para blogger ketika ingin mengetahui respon dari audiens terhadap isi web. Hal ini sudah dirasakan oleh Didik Arwinsyah jauh-jauh hari.

  1. Semua Traffic

Jumlah trafik juga merupakan data yang cukup penting untuk diketahui. Informasi ini akan menunjukkan seberapa sering website dikunjungi oleh pengguna internet dalam satuan jangka waktu tertentu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tingkat popularitas dari web tersebut.

Jumlah trafik ini dihitung oleh Google melihat berapa kali pengunjung membuka halaman website. Misal jika pengguna internet mengakses sebuah situs hingga 20 kali maka angka ini akan ditunjukkan sebagai data traffic.

Itulah sedikit informasi tentang belajar SEO di Google Analytics dan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengakses data trafik web. Jika ingin belajar teknik search engine optimization lainnya, langsung saja kunjungi situs milik Didik Arwinsyah di http://didikseo.com. Beliau dikenal sebagai konsultan SEO terkenal di Indonesia.